Merawat Tembaga

Cara Merawat Warna Tembaga

Beragam jenis peralatan maupun kerajinan yang ada saat ini terbuat dari logam dan salah satunya yang terbuat dari logam tembaga. Kerajinan tembaga ini banyak sekali diminati karena memiliki warna yang indah dan pastinya juga kuat.

Kerajinan dari logam tembaga sendiri selain bagus pastinya juga unik dan mampu menambah kesan vintage dibandingkan kerajinan pada umumnya. Tidak hanya bagus dan juga kuat saja, kerajinan tembaga pastinya juga memiliki nilai seni tinggi. Kerajinan dari tembaga juga memiliki harga ekonomis serta lebih terjangkau dibandingkan dengan kerajinan dengan bahan logam lainnya.

Kerajinan Tembaga

Cukup banyak kerajinan yang terbuat dari tembaga. Kerajinan dari bahan tembaga saat ini banyak sekali dicari karena harganya yang terjangkau dibandingkan dengan emas. Bahkan tidak hanya harganya yang terjangkau saja melainkan juga penampilan dari kerajinan tembaga ini sendiri juga sangat menarik. Memiliki beragam jenis kerajinan dari tembaga jelas penting untuk mengetahui cara merawat warna tembaga yang baik dan benar.

Tembaga yang dikenal memiliki warna bagus serta unik. Tembaga juga dikenal sebagai bahan yang memiliki sifat halus serta lunak. Bahkan warna tembaga yang terlihat jingga kemerahan ini sendiri juga menjadi daya tarik tersendiri. Warna tembaga ini jelas tidak akan didapat maupun diperoleh dari bahan mineral lainnya. Banyak sekali macam dan juga jenis kerajinan yang menggunakan bahan tembaga saat ini.

Cara Merawat Warna Tembaga

Kerajinan yang menggunakan bahan logam tembaga ini sendiri mampu meningkatkan penampilan ketika diletakan pada ruangan. Bahkan kelebihan dari tembaga selain warna yang indah jelas harganya terjangkau dan juga kuat. Banyak cara merawat warna tembaga agar tetap terlihat cemerlang dan nampak seperti baru secara terus menerus.

Baca Juga  Apa Pengertian Tembaga & Manfaat Tembaga?

Agar warna pada kerajinan tembaga tidak luntur atau pudar, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkannya. Bahan-bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah untuk merawat tembaga antara lain lemon, garam dan juga cuka. Dengan menggunakan bahan-bahan alami jelas kerajinan tembaga akan terawat dengan baik. Beberapa jenis kerajinan tembaga yang banyak digunakan saat ini antara lain kubah tembaga, pintu tembaga, lampu tembaga hingga bathub yang terbuat dari tembaga.

Merawat kerajinan yang terbuat dari tembaga memang sangat mudah jika kita mengetahuinya. Kerajinan dari tembaga ini sendiri memiliki warna asli yang indah. Untuk selalu menampakan keindahan warna dari tembaga, bisa menggunakan bantuan dari lemon dan juga garam. Cukup mudah saja karena Anda hanya perlu menaburkan garam ke potongan jeruk lemon. Setelah itu, buah lemon yang sudah diberi garam bisa digosokan secara merata ke permukaan tembaga.

Cairan Pembersih Tembaga

Setelah cara merawat warna tembaga menggunakan buah lemon selesai, langkah selanjutnya ialah membersihkannya dengan air bersih. Anda cukup membilas menggunakan air bersih dan kemudian keringkan dengan menggunakan kain yang halus secara merata. Selain menggunakan lemon dan juga garam, Anda juga bisa menggunakan bahan lain yaitu cuka dan garam. Cuka dan garam ini sendiri juga sangat ampuh digunakan untuk merawat warna serta material tembaga itu sendiri.

Seperti halnya dengan menggunakan lemon dan garam, penggunaan cuka ini terlebih dahulu dicampur dengan garam pada suatu wadah. Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan cuka dengan 1 sendok garam. Setelah itu, Anda dapat memasukan kerajinan tembaga ke dalam cuka yang sudah tercampur dengan garam. Didihkan air larutan cuka dan juga garam hingga perhiasan tembaga nampak lebih terlihat cemerlang. Setelah terlihat bersih dan mengkilap, Anda bisa mengambil kerajinan tembaga dan keringkan dengan kain halus.

Baca Juga  Pengrajin ukir kuningan melayani pelanggan kota Pekanbaru

Namun untuk kerajinan tembaga yang memiliki ukuran besar, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti diatas untuk mencucinya secara berkala. Perawatan kerajinan tembaga sendiri sebenarnya terbilang cukup mudah. Akan tetapi jika kerajinan tembaga terlalu lama tidak dibersihkan juga akan merusak warna indah dari tembaga itu sendiri. Warna tembaga yang sebelumnya jingga kemerahan akan berubah menjadi hitam jika tidak dirawat secara baik.

Warna Tembaga

Warna jingga kemerahan yang ditimbulkan oleh tembaga ini sendiri memang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Bahan tembaga ini sendiri juga selain banyak digunakan untuk perhiasan dan aksesoris juga banyak digunakan untuk bahan kubah masjid, bahan lampu dan produk kerajinan lainnya. Tembaga merupakan salah satu bahan mineral yang tidak akan lekang oleh waktu karena keindahan warnanya dan juga kekuatan dari logam ini sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.