Sejarah Tembaga

Sejarah Perkembangan Seni Kerajinan Tembaga di Indonesia

Tembaga memang merupakan salah satu bahan baku utama kerajinan yang sangat populer yaitu kerajinan tembaga. Berbeda dengan kerajinan logam pada umumnya. Tembaga memiliki warna yang indah dan selalu memunculkan kesan vintage serta kokoh.

Sejarah pengkembangan seni kerajinan tembaga di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu.

Akan tetapi kerajinan tembaga ini dikenal dan menjadi terkenal karena memiliki kekuatan dan juga warna indah serta harganya yang terjangkau dibandingkan kerajinan logam pada umumnya.

Kerajinan dari bahan tembaga selain kuat dan memiliki harga terjangkau, ada beragam macam jenis kerajinan yang sangat bagus serta memiliki nilai seni tinggi. Bahkan kini seiring berkembangnya zaman, banyak para pengrajin tembaga yang membuka galeri kerajinan dari tembaga.

Kerajinan dari tembaga ini sendiri memang sangat banyak serta beragam seperti kaligrafi, vase bunga, guci, lampu hingga bathub dan kubah yang terbuat dari tembaga. Indonesia memang merupakan negara yang kaya akan budaya dan juga keragamannya tidak terkecuali dengan para pengrajinnya.

Tembaga yang dulunya hanya digunakan untuk bahan alat masak kini ditangan pengrajin bisa menjadi beragam barang yang memiliki nilai seni tinggi dan nilai jual tinggi.

Kerajinan Tembaga

Kerajinan dari tembaga ini sendiri memang sudah dikenal dan bahkan sebelum masehi. Namun seiring dengan berjalannya waktu terutama pada abad 20, kerajinan tembaga ini merambah ke seluruh dunia terutama ke benua eropa yang meliputi negara jerman dan belAnda. Kemudian karena penjajahan di Indonesia ang dilakukan oleh belAnda, maka perkembangan kerajinan tembaga sampailah ke negara kita ini.

Karena penjajahan inilah awal mula sejarah pengkembangan seni kerajinan tembaga di Indonesia. Banyak sekali penduduk zaman dahulu yang mewariskan keahlian pengrajin tembaga secara turun temurun hingga saat ini. Oleh karena itulah, kerajinan tembaga bisa berkembang hingga sekarang dan bahkan menjadi mata pencaharian bagi warna Indonesia.

Baca Juga  Contoh kerajinan tembaga dan kuningan Tumang Kupo dapat dipesan dari Kabupaten Raja Ampat

Sejarah Perkembangan

Siapa yang tidak mengenal bangsa Indonesia, bangsa yang kaya akan budaya dan juga kreatifitasnya.

Tidak hanya itu saja, salah satu keunggulan kerajinan tembaga dari Indonesia jelas selain menggunakan tembaga berkualitas juga memiliki beragam pilihan kerajinan. Kini kerajinan tembaga sendiri banyak digunakan diberbagai jenis industri bahkan juga banyak juga yang menggunakannya sebagai bahan utama kubah masjid.

Kerajinan dari tembaga selain bagus pastinya juga kuat dan juga mampu bertahan dari berbagai jenis cuaca di Indonesia. Harga dari kerajinan tembaga juga bisa dikatakan cukup terjangkau dibandingkan dengan kerajinan dari logam lainnya.

Sejarah pengkembangan seni kerajinan tembaga di Indonesia memang sudah sejak dulu dan sangat dikenal terbaik. Produk-produk kerajinan tembaga ini jelas akan terlihat elegan dan juga pastinya juga mewah.

Warna yang dihasilkan dari logam tembaga inilah yang menjadi salah satu, banyak sekali orang yang menyukai dan menggemari kerajinan berbahan logam ini. Tembaga juga memiliki warna indah yaitu jingga kemerah-merahan yang tidak dimiliki oleh logam lain.

Pengrajin Tembaga

Pengrajin kerajinan tembaga di Indonesia jelas memiliki keahlian yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Beragam jenis kerajinan dari tembaga dengan bermacam model pastinya bisa dibuat. Misalkan kerajinan kubah masjid tembaga, lampu gantung masjid, replika pintu nabawi, ornamen masjid, lampu dinding, bathub tembaga, interior tembaga, furniture tembaga dan lain-lain.

Selain itu, pengrajin kerajinan tembaga di Indonesia juga cukup banyak sehingga kerajinan tembaga bisa didapat dengan mudah. Kerajinan yang tak akan pernah lekang oleh waktu dan selalu memiliki keindahan tersendiri jelas kerajinan tembaga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *